Laboratorium Sentral UMM Tindak Lanjuti Kerjasama dengan BSN

Sabtu, 23 Desember 2017 06:59 WIB  

Laboratorium Sentral UMM Tindak Lanjuti Kerjasama dengan BSN

 

Laboratorium Sentral UMM menindaklanjuti kerjasama dengan Badan Standarisasi Nasional (BSN) yang telah bersepakat dalam MoU mengenai Pembinaan dan Pengembangan Standarisasi dan Penilaian Kesesuaian pada  tanggal 14 April 2016 dan MoA mengenai SNI Halal pada tanggal 3 November 2017. Sehubungan dengan kerjasama tersebut, diadakan kegiatan Forum Group Discussion (FGD) tentang pembinaan dan pengembangan di bidang standarisasi dan penilaian kesesuaian di Malang, Jawa Timur. Turut hadir pada kegiatan tersebut yaitu, Ibu Dr. Ir.Elfi Anis Saati, MP selaku Kepala Laboratorium Sentral UMM sekaligus sebagai perwakilan Kantor Pengelola dan Pengendali Akreditasi (KPPA) UMM dan Ibu Dr.Ir.Aniek.Iriany, MS selaku sekretaris KPPA UMM.

FKG diadakan pada tanggal 20 Desember 2017 dengan tema Hambatan dan Peluang Implementasi Kerjasama Standarisasi di Malang, Jawa Timur. Ibu Elfi Anis menjelaskan, “Kegiatan FGD kali ini berisi evaluasi program dan harapan ke depan mengenai peluang kerjasama antara BSN dengan beberapa Lembaga dan Universitas. Kami melakukan program pendampingan dan sosialiasi pentingnya standarisasi di Perguruan Tinggi dan mitra binaan seperti Industri Kecil Menengah (IKM) atau Usaha Kecil Menengah (UKM) sebagai implementasi pada Tridharma.”

 

Kegiatan Forum Discussion Group (FGD) bersama BSN

 

Pada FKG juga dibahas mengenai Akreditasi KAN.ISO 17025 yang diharapkan dapat berdampak pada peningkatan layanan pengujian terhadap kebutuhan industri atau UKM yang akan mengurus SNI, MD, dan sertifikasi yang lain seperti Halal, KAN, dan lain-lain. Ibu Elfi Anis menambahkan, “Kegiatan FKD diharapkan menjadi momentum saling mengenal keunggulan masing-masing universitas dan lembaga untuk saling bersinergi untuk meningkatkan daya saing produk, jasa, dan juga potensi daerah masing-masing.”

Ke depannya, akan dilakukan program kerjasama antara UMM dengan BSN dengan fokus pembinaan dan bimtek pertanian organik, hortikultura, dan implementasi. Program juga sebagai inisiasi Lembaga Pemeriksaan Halal (Halal Center UMM) guna mendukung produktivitas pangan yang halal, aman, dan sehat bagi Malang dan sekitar melalui penyediaan feed dan food additif yang berbasis hasil penelitian dosen agar dapat bersinergi dengan para mahasiswa untuk meningkatkan mutu produk pertanian dan pangan, termasuk dengan UKM mitra binaan. (vrt)

Shared: