Sosialisasi Hilirisasi Produk Temuan Dosen ITP pada Pameran Hari Santri Nasional

Kamis, 25 Oktober 2018 13:31 WIB

Pada Hari Santri Nasional yang jatuh pada 22 Oktober 2018, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang menggelar Pameran Halal. Pameran dibuka pada pukul delapan pagi di sekitar Balai Kota, warga antusias memadati areal pameran. Pada kesempatan ini, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melalui juga turut meramaikan ragam jenis produk-produk halal.

 

Tampilan stan Halal Center UMM. (Foto: Mirza/Humas UMM)

 

Hadir pada pameran tersebut, Ibu Dr. Ir. Elfi Anis Saati, MP., selaku Ketua Halal Center UMM dan Dosen Prodi ITP UMM. Ibu Elfi menjelaskan bahwa inisiasi Halal Center UMM telah dimulai sejak 2008,saat itu masih bernama Pusat Kajian Aman Halal di Prodi Teknologi Hasil Pertanian yang saat ini bernama Prodi Ilmu dan Teknologi Pangan. Pada 2016 kemudian berganti nama menjadi Halal Center UMM.

Kegiatan pameran tersebut diselenggarakan dalam rangka launching Malang sebagai kota wisata halal sekaligus merupakan  sosialisasi bagi pegiat halal bahwa kota Malang sudah siap menerima wisatawan lokal maupun asing sehingga wisatanya lebih membuat nyaman dan aman beraktivitas sesuai syariah muslim. Hal ini mengenai target fisik maupun batin sudah dipersiapkan meningkatkan iman dalam menjalan ibadah sebagai muslim, baik dari aspek sediaan makanan, minuman di restoran, hotel tempat penginapan, oleh-oleh, hingga sajian makanan dan minuman selama dilayani biro travel menuju lokasi wisata maupun tempat belanja denganarea sholat yangtelah dipertimbangkan untuk kenyamanan beribadah selama wisata.

Bagi wisatawan asing juga telah diberi beberapa pilihan paket wisata sesuai pilihan atraksi yang diinginkan. Ada paket wisata alam, wisata buatan hingga wisata rohani.Informasi tersebut tertuang pada beberapastand pengelola stand tujuan wisata karena peserta sangat beragam dari Halal Center Universitas sekitar Malang, juga hotel, restoran, UKM, EO wisata hinggatravelnya. Pada acara tersebut juga diisi dengan bedah buku bertema Halal Life dari Guru Besar UIN Maliki Malang.

Acara pameran menyediakan 50 stan yan diikuti oleh sekitar 65 peserta dari beragam kalangan.Ada beberapa UKM yang produknya dipamerkan menjadi 1 stan agar terwadahi.  Semua pendaftar stan laris manis, habis dipesan. Hal ini menunjukkan antusias UKM serta stake holders pegiat halal lainnya dalam upaya turut mendukung gerakan Halal Life dan menyemarakkan peringatan hari santri nasional. Pameran digelar perhelatannya di Balai Kota menghadirkan1000 santri dengan bonus mendapatkan buku wisata halal gratis dari panitia.

Produk Prodi ITP UMM

 

Para UKM memamerkan produk-produk unggulannya, yang telah mendapat sertifkat halal dan beberapa masih dalam proses pendampingan Halal Center Universitas untuk mendaftar sertifikasi halal. Seperti pada dua produk hasil temuan dosen UMM yaitu roti bakery dan sari minuman bunga mawar, hasil pengabdian Tim IbIKK Dr Damat dkk, dan temuan dosen ITP FPP UMM, Dr Elfi Anis Saati bersama tim Antosianin-nya.

Hasil kompetisi stan diumumkan setelah rangkaian acara ditutupyaitu mulai pukul 07.00- 15.05.

Berikut merupakan 5 stan penampil terbaik Pameran Wisata Halal 2018 :

Stan No. 2 Halal center UMM

Stan No. 9 UBUD HOTEL

Stan No. 16 BRAWIJAYA EDU PARK

Stan No. 24 KAMPUNG BIRU

Stan No. 42 TRIFLE

 

Stan terbaik tersebut mendapatkan sertifikat dan bingkisan dari Dinas Budpar Kota Malang.

Selamat Sukses Wisata Halal Kota Malang.

 

(ITP/vrt)

Shared: