Prodi Ilmu dan Teknologi Pangan
Universitas Muhammadiyah Malang
Prodi Ilmu dan Teknologi Pangan
Universitas Muhammadiyah Malang

TIM PKM ITP Go International

Author : Administrator | Kamis, 10 Agustus 2017 09:54 WIB

Bersama dengan Duta Besar Indonesia (Bpk. HE. Ahmad Rusdi)
          Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) adalah suatu program yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tertinggi Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia guna mewadahi potensi dan ide inovatif dari mahasiswa. Program ini bertujuan agar mahasiswa mampu mengkaji, mengembangkan dan mengaplikasikannya untuk peningkatan mutu kehidupan masyarakat. Program Kreatifitas Mahasiswa ini memiliki banyak cakupan yakni pada bidang penelitian (PKMP), kewirausahaan (PKMK), pengabdian masyarakat (PKMM), artikel ilmiah (PKMAI), dan gagasan tertulis (PKMGT). Bagi tim yang lolos penyeleksian dalam program ini akan memperoleh dana bantuan dari KEMENRISTEK DIKTI guna menjalankan ide yang tertuang dalam proposalnya.
Bersama dengan Atase Pendidikan untuk Thailand (Prof. Dr. Mustari, M.Pd)

          Salah satu tim yang berhasil lolos pendanaan PKM-P adalah tim dari Silvia Khilmi, Irvan Ramadhana Putra,Ririn Agustin, Selvy Triskiana Wista dan Umi Amin Khoriyah dibawah bimbingan Bu Devi Dwi Siskawardani, S.TP., M.Sc. dan Pak Mochammad Wachid, S.TP., M.Sc. Judul yang diangkat adalah “Pemanfaatan Kadar Pigmen Antosianin Daun Jati (Tectona grandis L.f) sebagai Bahan Pembuatan Sirup”. Hasil penelitian yang diperoleh diwajibkan untuk dipublikasikan dan penelitian telah berhasil diselesaikan sebelum waktu yang ditetapkan.
          Sebagai pemenuhan kewajiban akhirnya tim Silvia berusaha semaksimal mungkin untuk mempublikasikan dalam International Conference. Pada saat itu, telah dibuka pendaftaran untuk 5th AASIC di Khon Khaen University Thailand yang dilaksanakan pada 26-27 Juli 2017. Kemudian dengan dukungan banyak pihak akhirnya mereka bisa mengumpulkan full paper dengan judul “The Effect of Citric Acid on Teak Leaves Anthocyanin Extraction Process (Tectona grandis L.) and The Teak Leaves Extract Proportion to The Physical and Chemical Syrup Characteristics”.
         Pengalaman yang didapatkan oleh para mahasiswa saat itu sangat mengesankan dan mampu memotivasi mereka untuk lebih kreatif lagi, dikarenakan mereka bisa langsung berjumpa dengan Duta Besar Indonesia untuk Thailand Bapak HE. Ahmad Rusdi dan berkesempatan berdiskusi secara langsung.
     Selain itu mereka juga mengetahui cara memperoleh beasiswa guna pendidikan tingkat Master (S2) atau Doktor (S3) dari beberapa Universitas di Thailand melalui hasil diskusi mereka dengan beberapa dosen dan juga Atase Pendidikan Prof. Dr. Mustari, M.Pd.

 
Bersama Keynote speaker
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image