UMKM Sukses Binaan Halal Center UMM Jadi Penampil Terbaik dalam Pameran Hari Santri Nasional

Rabu, 24 Oktober 2018 13:44 WIB

HARI SANTRI NASIONAL yang jatuh hari ini (22/10), Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang menggelar Pameran Wisata Halal. Dibuka sejak pukul 8 pagi di sekitar Balai Kota Malang, warga antusias memadati areal pameran. Pada kesempatan ini, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melalui Halal Center turut meramaikan ragam jenis produk-produk halal.

Tampilan stand UMKM dampingan Halal Center UMM. (Foto: Mirza/Humas UMM)

 
Pada pameran ini, Halal Center UMM menggandeng binaannya UD. Latanza untuk memamerkan produk-produk terbaiknya. UD. Latanza merupakan salah satu Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang didampingi Halal Center UMM. Dikelola langsung Trinuk Kurniawati, UMKM-nya ini memproduksi jajanan ringan hingga bumbu dapur. Produk-produknya saat ini sudah berhasil menguasi pasar Jawa dan Bali.
 
Dalam pameran ini, Halal Center UMM berhasil masuk ke dalam lima Penampil Terbaik. Mereka adalah Halal Center UMM, Ubud Hotel, Brawijaya Edupark, Kampung Biru dan Trifle. “Produk-produk kami saat ini lebih meluas dalam segi pemasarannya. Juga mendapatkan trust (kepercayaan, red.) lebih dari para pelanggan. Ini berkat sertifikat halal yang kami dapatkan atas pendampingan Halal Center UMM,” ungkap Trinuk.
 
Dr. Ir. Elfi Anis Saati, MP., ketua Halal Center UMM menjelaskan bahwa inisiasi Halal Center UMM telah dimulai sejak 2008, saat itu masih bernama Pusat Kajian Aman Halal di Prodi Teknologi Hasil Pertanian yang saat ini bernama Prodi Ilmu dan Teknologi Pangan. Pada 2016 kemudian berganti nama menjadi Halal Center UMM. Halal Center UMM membantu UMKM lewat mengajukan pengabdian pada Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti).
 
Ibu Elfi menambahkan, diawal inisiasi berdirinya Halal Center, yang didampingi kepengurusan halal hanyalah makanan. Namun sejak berganti nama pada tahun 2015, halal center UMM mengurusi banyak bidang seperti kosmetik dan lain sebagainya. “Tentu, dalam mengurus sertifikasi perlu banyak sekali persiapan. Proses persiapan inilah yang kami dampingi," pungkasnya.  (mir/can)
 
sumber : http://www.umm.ac.id/id/berita/umkm-sukses-binaan-halal-center-umm-jadi-penampil-terbaik-dalam-pameran-hari-santri-nasional-hari-santri-nasional-yang-jatuh-hari-ini-2210-dinas-kebudayaan-dan-pariwisata-kota-malang-menggelar-pameran.html

Shared: