Himpunan Alumni Prodi Ilmu dan Teknologi Pangan

Lulusan program studi memiliki himpunan alumni aktivitas dengan memasifkan komunikasi secara tidak langsung. Kegiatan dari himpunan alumni memiliki peran untuk kemajuan program studi dalam kegiatan akademik dan non akademik, meliputi sumbangan dana, ...

Detail
about

Data dan Profil Alumni

Lulusan program studi memiliki himpunan alumni aktivitas dengan memasifkan komunikasi secara tidak langsung. Kegiatan dari himpunan alumni memiliki peran untuk kemajuan program studi dalam kegiatan akademik dan non akademik, meliputi sumbangan dana, sumbangan fasilitas, keterlibatan dalam kegiatan, pengembangan jejaring, dan penyediaan fasilitas.

 

Sekitar 71,24 % alumni menghendaki sangat berminat dan 27,43% berminat dan tidak ada yang tidak berminat untuk membentuk forum komunikasi alumni ditingkat jurusan, hal ini menunjukkan bahwa betapa keinginan alumni untuk saling bertukar informasi keinginannya untuk bertemu meskipun hanya sekedar informasi dimana dan bagaimana keadaan alumni masing-masing, dan hal ini sangat penting bagi jurusan untuk pengembangan jurusan ke dapan. Namun demikian alumni jurusan selama ini masih menjadi satu di Fakultas yaitu IKAFAPERTA (Ikatan Alumni Fakultas Pertanian UMM) (Lampiran 3.3.3). Ikatan Alumni Fakultas Pertanian UMM dibentuk pada tahun 1991, saat ini Ikatan Alumni Fakultas Pertanian UMM diketuai oleh Ir. Ahmad Winarto, MM. Program kerja IKAFAPERTA UMM diantaranya adalah mengadakan sarasehan setiap 5 tahun. 

Seiring dengan semakin banyaknya jumlah alumni, dan tuntutan untuk berkomunikasi secara efektif, maka alumni THP (ITP)  sepakat bersama membentuk Ikatan Alumni  Jurusan ITP pada   tanggal  26  September  2009.  Ketua  ikatan alumni ITP  adalah Abas Rochman, S.TP, dan wakil Ibnu Affan STP.   Program kerja lima tahun kedepan adalah sarasehan tiap lima tahun, memberikan informasi ke alumni melalui website berkaitan dengan perkembangan teknologi, lowongan kerja, penggalangan dana untuk  kegiatan akademik maupun sosial. Pada tahun 2014 jurusan ITP kembali menggelar reuni akbar yang bertempat di aula masjid lt1 UMM. Hasil pertemuan alumni ini adalah reformasi pengurus dengan ketua alumni Ibnu Affan STP dan Sekertaris Yulisetyowati, STP serta bendahara Tri Andika Putri, STP. Partisipasi alumni dalam mendukung pengembangan kegiatan akademik PS berupa: secara rutin memberikan kuliah tamu pada awal dan tengah semester, memberikan masukan pengembangan kurikulum saat lokakarya kurikulum setiap 4 tahun sekali dan secara periodik pada saat kuliah tamu pada awal dan tengah semester. Selain itu alumni juga memberikan bantuan buku, alat laboratorium dan mebeler, serta bantuan beasiswa untuk mahasiswa aktivis,  berprestasi dan kurang mampu.  Dalam mendukung pengembangan kegiatan non akademik program studi, partisipasi alumni berupa: memberikan pembekalan keorganisasian secara periodik tiap pergantian pengurus HMJ, memberikan masukan kepada HMJ terkait program kerja dan kegiatan kewirausahaan, memberikan bantuan  peralatan olah raga, memberikan informasi tempat PKL, lowongan kerja dari perusahan tempat alumni bekerja. Di samping untuk mahasiswa dan institusi, ada komitmen dari alumni untuk saling bertukar informasi dan bantuan bagi para alumni yang belum sukses untuk bersama-sama berwirausaha.

Untuk keberlanjutan komunikasi dari alumni, forum ikatan alumni Ilmu dan teknologi pangan mengagendakan secara rutin pertemuan setiap 2 tahun sekali dan melalui media sosial seperti Facebook, group BBM dan WA yang secara intensif dapat selalu berkomunikasi antar alumni.

Shared: