Bahan Kajian Prodi Ilmu dan Teknologi Pangan

Bidang ilmu atau bidang kajian yang menjadi pokok dari program studi sarjana Ilmu dan teknologi pangan Universitas Muhammadiyah Malang adalah bidang kajian ilmu Ilmu dan teknologi pangan dan bidang kajian teknologi Ilmu dan teknologi pangan serta bid...

Detail
about

Kurikulum dan Mata Kuliah

Bidang ilmu atau bidang kajian yang menjadi pokok dari program studi sarjana Ilmu dan teknologi pangan Universitas Muhammadiyah Malang adalah bidang kajian ilmu Ilmu dan teknologi pangan dan bidang kajian teknologi Ilmu dan teknologi pangan serta bidang kajian pendukung dan softskill.

Bidang kajian ilmu Ilmu dan teknologi pangan, mencakup kajian tentang berbagai aspek dan masalah Ilmu dan teknologi pangan. Bidang kajian utama adalah bidang kajian Ilmu dan teknologi pangan yang meliputi bidang pasca panen, produksi/pengolahan, evaluasi dan  tindak lanjut. Bidang kajian ilmu Ilmu dan teknologi pangan menggunakan acuan Body of Knowledge Ilmu dan teknologi pangan, sesuai dengan dinamika sumber daya alam, perkembangan industri Ilmu dan teknologi pangan masa kini dan masa depan ( hingga akhir abad 21 ). Body of Knowledge Ilmu dan teknologi pangan  untuk membekali dasar keilmuan Ilmu dan teknologi pangan yang kuat sesuai dengan perkembangan Ilmu dan teknologi pangan masa kini dan masa depan meliputi kajian Basic Knowledge yaitu Kimia dan Analisis Pangan/Hasil Pertanian, Mikrobiologi dan Keamanan Pangan/ Hasil Pertanian, Rekayasa dan Proses Pangan/ Hasil PertanianBernilai Tambah, Ilmu Pangan Terapan, Pangan, Gizi, Kesehatandan Kehalalan, Kecakapan Hidup (Soft Skills).

Bidang Kajian Lingkup Kimia dan Analisis Pangan / Hasil Pertanian  dengan matakuliah: Kimia Anorganik, Kimia Analitik, Analisa Pangan, Kimia Organik, Praktikum Analisa Pangan, Kimia Fisika, Kimia Pangan. Bidang KajianMikrobiologi dan Keamanan Pangan/Hasil Pertanian dengan matakuliah Biologi Sel, Mikrobiologi Umum, Mikrobiologi Pangan & Enzimologi, Teknologi Fermentasi, Praktikum Mikrobiologi Pangan & Enzimologi (mikrobia s/d produk), Sanitasi dan Teknologi Pengolahan Limbah, Bioteknologi Pangan.

Bidaang kajian Rekayasa dan Proses Pangan/ Hasil Pertanian Bernilai Tambah dengan matakuliah: Fisika Dasar, Satuan Operasi, Pengetahuan Bahan Pangan, Tek. Pengolahan Hasil Pertanian, Praktikum Teknologi Hasil Nabati, Praktikum Teknologi Hasil Nabati  II, Fisiologi dan Teknologi Pasca Panen, Pengembangan Produk, Pengemasan dan Penyimpanan, Pengeringan dan Pendinginan, Praktikum Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian, Mesin dan Peralatan, Teknik Hasil Peternakan & Perikanan, Praktikum Teknologi Hasil Hewani, Teknologi Hortikultura, Teknologi Tanaman Pangan, Teknologi Lemak dan Minyak, Tek. Minyak Atsiri, Rempah & Obat, Teknologi Polisakarida dan Gula, Teknologi Kopi Teh & Coklat.

Bidang kajian Ilmu Pangan Terapan dengan matakuliah: Statistika, Perencanaan Unit Pengolahan, Pengawasan Mutu, Peraturan Pangan, Aplikasi Komputer (office, data base, dan Web), Metode Ilmiah, Perancangan Penelitian (praktikum spss, excel, analisis uji indrawi), Pengantar Teknologi Pertanian, Pengantar Ilmu Ekonomi, Ekonomi Teknik, Riset Operasional, Matematika I, Matematika II.

Bidang kajian Lingkup Pangan, Gizi, Kesehatan dan Kehalalan dengan matakuliah: Ilmu Pangan dan Gizi, Pangan Fungsional, Food Additive dan Toksikologi, Manajemen Pangan Aman dan Halal, Manajemen Gizi Institusi, Biokimia Pangan, Evaluasi Gizi dalam Pengolahan.

Bidang kajian Lingkup Kecakapan Hidup (Soft Skills) dengan matakuliah: Al Islam dan Kemuhammadiyahan I, Bahasa Inggris I, Al Islam dan Kemuhammadiyahan II, Bahasa Inggris II, Pend. Pancasila & Kewarganegaraan,  Bahasa Indonesia, Al Islam dan Kemuhammadiyahan III, Al Islam dan Kemuhammadiyahan IV, Kewirausahaan I, Kewirausahaan II, Ilmu Sosial Budaya Dasar, Praktek Kerja Lapang, Komunikasi Profesional, Kuliah Kerja Nyata, Skripsi

Bidang kajian  pendukung /softskill, untuk memberikan bekal kepada mahasiswa, pendidikan kecakapan hidup (Lifeskill) dan belajar sepanjang hayat (life long learning). Bidang kajian  yang dibutuhkan meliputi:

  • Bidang kajian yang menjadi penciri Jati diri sebagai bangsa Indonesia yaitu Kajian Agama dan moral etika, serta kajian pancasila sebagai dasar negara, Kajian sosial budaya, dan bahasa. Kajian bidang  Al-islam dan Kemuhammadiyahan, KKN Sebagai penciri Universitas,
Shared: