Panduan Program Pembinaan Mahasiswa Wirausahaa (P2MW) 2022

Rabu, 27 April 2022 00:00 WIB   Program Studi Teknologi Pangan Administrator

Sebagai negara yang besar, Indonesia memiliki potensi untuk menjadi negara maju dengan tingkat kemampuan ekonomi yang kuat. Untuk mencapai hal tersebut salah satu langkah yang harus ditempuh adalah mengusahakan rasio kewirausahaan minimal 4 persin dari jumlah penduduk. Rasio kewirausahaan Indonesia masih rendah yaitu di angka 3,75 persen, masih di bawah negara ASEAN lainnya seperti Thailand 4,2 persen, Malaysia 4,7 persen, dan Singapura 8,7 persen.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Ditjen Diktiristek, berkomitmen untuk mendukung penguatan perekonomian Indonesia mewujudkan Indonesia dengan tingkat ekonomi yang kuat dengan mencetak SDM wirausaha melalui program pengembangan usaha di perguruan tinggi. Mahasiswa merupakan aset bangsa yang potensial untuk di dorong dalam meningkatkan keminatana, bakat, kreativitas, dan inovasinya dalam bidang wirausaha. Oleh karena itu Direktorar Belmawa, Ditjen Dikristek menginisiasi Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW).

P2MW merupakan program pengembangan usaha mahasiswa yang telah memiliki usaha melalui bantuan dana pengembangan dan pembinaan dengan melakukan pendampingan serta pelatihan (coaching) usaha kepada mahasiswa peserta P2MW. Dengan mengikuti P2MW mahasiswa berkesempatan juga untuk mengikuti program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) berwirausaha di perguruan tinggi. Oleh karenanya program ini sangat penting bagi perguruan tinggi dan mahasiswa yang peduli terhadap perkembangan mahasiswa wirausaha.

Buku panduan P2MW ini kami siapkan sebagai salah satu acuan bagi perguruan tinggi dan mahasiswa dalam mengikuti P2MW. Harapan kami dengan keterlibatan mahasiswa dan dukungan perguruan tinggi dalam P2MW dapat mencetak SDM Indonesia dan lulusan yang bukan hanya sebagai pencari kerja (job seeker) namun sebagai pencetak lapangan kerja (job creator). Kepada seluruh pihak yang mendukung terlaksananya P2MW kami sampaikan terima kasih.

Berikut Panduan P2MW 2022 (Download disini)

Live Streaming Youtube (disini)

Shared: